Senin, 07 Juli 2014

Bagaimana Mengatasi Tidur Ngorok?

Sains.Me - Pernah nggak sih kalian merasa terganggu gara-gara ada teman yang tidurnya mendengkur? Well, mendengkur atau ngorok memang bisa terjadi pada siapa saja, tidak peduli tua, muda, laki-laki atau perempuan. Memangnya apa sih yang bikin orang tidurnya ngorok?

Dengkuran adalah suara yang dikeluarkan seseorang yang sedang tidur dan pada umunya disebabkan oleh terganggunya saluran napas karena beberapa hal. Nah karena saluran napas menyempit, maka udara yang lewat akan menggetarkan dinding dan langit-langit tenggorokan. Getaran itulah yang menimbulkan suara yang sangat mengganggu.

Jangan salah, mendengkur dalam kurun waktu yang lama bisa berbahaya juga lho. Akibat jangka pendek yang sering dijumpai pada orang yang mendengkur saat tidur antara lain akan mengalami kelelahan ketika bangun pagi dan tidak fresh. Jika diteruskan akan menjadi pelupa, penurunan konsentrasi, mengantuk sepanjang hari, mudah tersinggung hingga sakit kepala berkepanjangan.

Ada beberapa penyebab tidur mendengkur yang paling banyak dijumpai di masyarakat:
1. Tidur terlentang
Posisi tidur terlentang adalah penyebab utama timbulnya dengkuran. Ketika tidur terlentang posisi mulut akan cenderung terbuka dan tanpa sadar lidah akan terdorong ke ke belakang dan menyumbat saluran napas, hingga akhirnya menghasilkan suara dengkuran. Solusinya? Cobalah untuk tidur miring.

2. Kebiasaan merokok
Selain tidak baik untuk paru-paru, rupanya merokok juga bisa memicu peradangan pada tenggorokan dan saluran napas. Nah radang inilah yang menyebabkan tidur mendengkur. Ada baiknya untuk mulai mengurangi merokok mulai sekarang untuk kualitas tidur yang lebih baik.

3. Gangguan hidung
Alergi tertentu juga bisa menjadi penyebab tidur mendengkur. Bisa juga karena perubahan cuaca dan infeksi sinus. Nah untuk hal ini kamu harus berkonsultasi dengan dokter.

4. Kelebihan berat badan
Tidak bisa dipungkiri, orang yang berbadan gemuk biasanya lebih sering mendengkur. Gemuk pada umumnya memiliki tenggorokan yang besar sehingga justru mempersempit saluran napas. Akibatnya udara jadi sulit untuk lewat dan timbullah dengkuran. (ak)

Sumber :  http://sains.me/157/bagaimana-mengatasi-tidur-ngorok.html/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar